Sabtu, 04 Juni 2011

Otak Kiri Vs Otak Kanan

Tabel warna




Mari kita bermain-main sedikit! Anda lihat diagram di atas? Cobalah anda menyebutkan warna dari kata-kata dalam diagram tersebut dengan suara agak lantang dan secepat mungkin! Ingat sebutkan warnanya bukan sebutkan katanya! Bagaimana? Tidak segampang itu kan?
Contoh di atas adalah contoh klasik dari konflik antara otak kiri dan otak kanan anda! Otak kanan kita berusaha untuk menyebutkan warna dari kata-kata yg ada tersebut namun otak kiri kita ‘memaksa’ kita untuk membaca kata-kata tersebut.
Namun bagi mereka yang buta huruf, tentu mereka akan lebih mudah untuk bermain dengan diagram di atas, karena otak kiri mereka ‘tidak bisa memaksa’ kita untuk membaca kata-kata dalam diagram tersebut. Nah, sekarang coba ganti kata-kata pada diagram tersebut dengan kata-kata warna bahasa asing yg sama sekali asing bagi kita, taruhlah misalnya dengan bahasa Arab, Bahasa Rusia ataupun bahasa Swedia. Tentu dalam kasus ini permainan di atas juga akan mempermudah kita karena otak kiri kita ‘tidak bisa memaksakan’ kita untuk membaca kata-kata tersebut karena kita tidak memahaminya.
Ok! Selamat mencoba!

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates